Harga Buah Kurma Terbaru

Sunday, June 4th, 2017 - buah
Harga Buah Kurma Terbaru

Harga Buah Kurma Terbaru

Harga Buah Kurma Terbaru. Sahabat hargabuah.com di bulan ramadhan ini kurma merupakan salah satu takjil buka puasa yang sangat disarankan saat bulan ramadhan seperti ini. Nah, pas banget kan buat bahas harga kurma terbaru saat ini. Sebelum membahas harga kurma terbaru, kita bahas dulu yuk seputar info mengenai buah kurma.

Kurma, (Arab: تمر‎, Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, yang buahnya dapat dimakan. Meskipun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, diperkirakan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohon kurma berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri yang terdapat pada tangkai daun, bentuknya menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Kurma dibagi menjadi 3 golongan utama yaitu golongan lunak, semi kering dan kering.

Harga Buah Kurma Terbaru

Harga Kurma Termurah

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Kurma memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak seperti thiamin, niasin, folat, riboflavin sehingga tidak heran jika buah ini memiliki banyak manfaat. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui yang dikarenakan kandungan hormon sejenis oksitosin. Hormon tersebut dapat membantu untuk merangsang kontraksi otot polos pada rahang ketika menjelang masa kelahiran. Kurma juga dapat membantu mengurangi pendarahan saat melahirkan. Pada masa pasca melahirkan, sari dari buah kurma mampu membantu untuk menstabilkan kondisi ibu dan mengembalikan nutrisi.

  1. Mencegah rematik

Siapa yang menyangka kalau buah kurma punya kemampuan untuk mencegah terjadinya rematik? Ini disebabkan karena buah kurma mengandung banyak mineral yang penting untuk kesehatan terutama untuk tulang dan otot. Mengkonsumsi 15 buah kurma setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur dan boron.

  1. Serat terbaik untuk usus

Usus yang bekerja terus menerus harus dibersihkan dari sisa-sisa makanan agar kinerjanya kembali optimal. Serta sisa-sisa makanan yang menempel pada dinding usus tidak menimbulkan penyakit. Serat adalah salah satu zat yang berfungsi dalam membersihkan usus. Kurma mengandung serat larut dalam bentuk pektin yang lebih banyak dibanding buah-buahan yang lain. Selain itu, serat yang terdapat pada buah kurma yang belum matang juga berfungsi sebagai prebiotik yang mendukung pertumbuhan bakteri baik yang sangat dibutuhkan oleh sistem pencernaan.

  1. Mencegah kanker otak

Buah kurma merupakan buah yang kaya akan mineral. Diantaranya magnesium, sulfur, potassium, kalsium dan boron yang berfungsi  untuk pencegahan kanker otak. Dengan mengkonsumsi 15 butir buah kurma setiap hari, Anda sudah bisa memenuhi hingga 80% kebutuhan magnesium dan 70% kebutuhan sulfur.

  1. Sebagai sumber energi

Selain sumber serat yang baik, buah kurma juga merupakan sumber energi yang efektif. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma  anda dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 12-15 persen. Jika anda mengkonsumsi kurma yang kering, kandungan antioksidannya menjadi berkurang. Kurma merupakan salah satu sumber energi instan, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh orang pada saat berbuka puasa.

  1. Sumber antioksidan

Kurma merupakan sumber antioksidan yang sangat bagus. Fungsi antioksidan sendiri melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Secara tidak langsung, mengkonsumsi buah kurma bisa membantu diri anda terhindar dari resiko berbagai jenis kanker. Zat-zat fitokimia yang terdapat pada buah kurma antara lain polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

  1. Mengobati demam berdarah

Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien penderita demam berdarah. Persentase peningkatan kadar trombosit dengan pemberian sari kurma adalah 23.90% per hari, sedangkan peningkatan kadar trombosit tanpa mengkonsumsi sari kurma adalah 8.09% per hari. Kandungan sari kurma yang turut berperan dalam meningkatkan produksi trombosit adalah sejumlah karbohidrat seperti manosa, galaktosa, arabinosa, dan xilosa sebagai bahan penyusun granula trombosit.

  1. Mecegah anemia

Anemia atau kurang darah seringkali dialami oleh wanita, apalagi saat sedang dalam masa kehamilan. Lalu apakah buah kurma baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil? Tentu. Bahkan buah kurma mempunyai kemampuan untuk mencegah anemia. Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat pada kurma berperan dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu kandungan asam askorbat yang ada dalam kurma juga baik untuk menjaga ketersediaan zat besi dalam tubuh sehingga proses produksi hemoglobin dapat berlangsung dengan baik.

Setelah membahas tentang manfaat buah kurma. Maka sekarang kita akan membahas harga macam-macam kurma terbaru di pasaran. Berikut ini adalah tabel harga buah kurma :

Harga Buah Kurma Terbaru

Buah KurmaHarga Satuan
Kurma Date Crown KhalasRp. 57.500,-Kg
Kurma Date Crown LuluRp. 58.500,-Kg
Kurma Date Crown KhenaiziRp. 58.500,-Kg
Kurma Sa'ad KhalasRp. 28.500,-Kg
Kurma Sa'ad Red SayerRp. 22.500,-Kg
Kurma Palm FruttRp. 55.000,-Kg
Kurma Golden ValleyRp. 27.500,-Kg
Kurma Medjol Extra FancyRp. 111.000,-Kg
Kurma Ajwa MadinahRp. 34.000,-Kg
Kurma Muda HijauRp. 35.000,-Kg
Kurma Ruthab (Kuning)Rp. 35.000,-Kg

Demikian info seputar buah kurma dan harga kurma terbaru di pasaran. Cek juga harga buah lainnya disini. Terimakasih 🙂

Harga Buah Kurma Terbaru | alfian | 4.5