Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru

Monday, May 8th, 2017 - Harga Buah Terbaru
Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru

Harga Buah Belimbing Sayur

Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru. Halo sobat hargabuah.com setelah kita membahas harga buah belimbing manis, sekarang kita akan membahas tentang buah belimbing sayur. Mengapa dinamakan dengan belimbing sayur, walaupun tanaman ini tergolong buah-buahan? Nah, sobat hargabuah.com tanaman ini disebut dengan belimbing sayur karena terkenal dengan buahnya yang selalu dimanfaatkan sebagai bahan campuran dalam memasak sayur.

Belimbing sayur memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah seperti belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam. Tumbuhan ini memiliki bentuk batang yang kecil yang hidup di daerah tropis. Belimbing wuluh diperkirakan berasal dari kepulauan maluku yang sudah dikembangkan dan tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. 

Dikutip dari Wikipedia belimbing sayur merupakan pohon buah yang tingginya mencapai 5 m. Batangnya tak begitu besar, bergaris tengah 30 cm, permukaannya kasar dan berbenjol-benjol, percabangannya sedikit, dan condong ke atas. Cabang mudanya memilki rambut halus, seperti beledu dan berwarna coklat muda. Daunnya tersusun dalam bentuk ganda. Bentuk daunnya kecil, dan mirip seperti telur. Jumlahnya 21–45 daun. Daunnya termasuk majemuk, menyirip, dan ganjil. Anak daunnya bertangkai pendek, berbentuk bulat telur sampai jorong, dan ujungnya runcing, pangkalnya membulat, tepinya rata. Ukuran daunnya: 2-10 cm × 1–3 cm. Berwarna hijau, dan permukaan bawahnya berwarna hijau muda. Perbungaannya majemuk, dan tersusun dalam malai (panjangnya 5–20 cm). Berkelompok, keluar dari percabangan yang besar, kecil-kecil berbentuk bintang dan berwarna ungu kemerahan/merah saja. Buahnya termasuk buah buni, berbentuk bulat lonjong bersegi, panjangnya 4-6,5 cm, berwarna hijau kekuningan, berair banyak jika sudah masak dan rasanya asam. Bentuk biji bulat telur, gepeng.

Tumbuhan ini merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Sekarang kita akan membahas bagaimana budidaya belimbing sayur yang benar :

Budidaya Belimbing Sayur

  1. Menyiapkan bibit belimbing sayur
    Untuk menyiapkan bibit belimbing bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui biji dan melalui vegetatif (cangkok/okulasi). Jika anda ingin menghasilakan bibit dari biji, maka pilihlah belimbing yang sudah tua, serta lebih baik lagi biarkan buah sampai benar-benar matang dipohon dan terjatuh dengan sendirinya.
  2. Membuat lubang tanam
    Jika anda ingin tanaman belimbing ditanam di tanah secara langsung, maka buatlah lubang dengan ukuran 50cm x 50cm dengan kedalaman 40cm. Isilah lubang dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos sampai 2/3 bagian terisi. Biarkan lubang selama 1 minggu sebelum ditanami.
    Jika anda ingin menanam belimbing di pot, maka siapkan pot yang besar atau bisa menggunakan drum dengan memotong drum menjadi dua bagian. Isi pot dengan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1 dan biarkan 1 minggu sebelum ditanami.
  3. Menanam pohon belimbing
    Setelah bibit belimbing mencapai tinggi 20cm atau bibit hasil cangkokan telah disiapkan, maka bibit sudah dapat dipindahkan ke dalam lubang tanam yang disiapkan. Buka peplastik polybag secara perlahan agar tanah semaian atau tanah cangkokan tidak berhamburan, masukkan bibit belimbing ke lubang tanam atau pot yang telah disediakan. Tutup lubang dengan tanah sisa yang ada disekitar lubang. Lakukan penyiraman setelah penanaman selesai dilakukan.
  4. Melakukan perawatan
    Tanaman belimbing tidak memerlukan perawatan yang sulit untuk tumbuh, cukup bersihkan tumbuhan liar yang ada disekitarnya. Jangan menanam pohon belimbing di area yang tertutup, karena pohon belimbing membutuhkan sinar matahari yang cukup.
    Lakukan pemangkasan jika pohon belimbing sudah tinggi untuk mendapatkan pohon belimbing yang diinginkan. Pemupukan dapat dilakukan dengan memeberikan pupuk kandang secara rutiin setiap 1 bulan sekali dengan cara menggali tanah disekitar akar pohon dan menaburkan pupuk ke dalam lubang tersebut.
Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru

Pohon belimbing wuluh

Selain budidaya tanaman in yang tidak sulit. Belimbing wuluh juga memiliki beragam manfaat sobat. Berikut ini adalah manfaat yang dapat dihasilkan oleh belimbing wuluh :

1. Mengobati Batuk
Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberi obat tradisional yaitu dengan belimbing wuluh.
Caranya : Campurkan 3 Butir belimbing wuluh, beberapa butir adas, dan gula secukupnya ditambah satu cangkir air. Campuran ditim selama beberapa jam. Setelah dingin saring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.

Khusus untuk batuk rejan – Caranya : Ambil sebanyak 10 buah belimbing wuluh dicuci bersih, remas dengan dua sendok air garam. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

2. Mengatasi diabetes
Belimbing wuluh dapat mengobati diabetes. Cara mengkonsumsinya adalah dengan melumatkan 6 buah belimbing wuluh lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari. Zat asam yang terkandung dalam buah ini dapat membantu menghilangkan serta menekan diabetes pada tubuh.

3. Efektif untuk mengobati sakit gigi
Efek belimbing wuluh dapat membantu meredakan sakit gigi untuk sementara. Caranya yaitu dengan menumbuk belimbing dan meletakkannya pada gigi berlubang.

4. Mengatasi Jerawat
Belimbing wuluh sangat baik untuk menghilangkan dan mengempeskan jerawat, zat asam yang terdapat pada belimbing mungkin memberikan efek sedikit sakit bagi jerawat aktif. Namun kandungan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengerutkan jerawat yang ada di wajah.

5. Mengatasi Panu
Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur, belimbing wuluh memiliki sifat anti jamur yang sangat ampuh untuk membantu dalam menghilangkan panu. Caranya yaitu dengan menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut di panu yang terdapat pada kulit anda.

6. Mencegah hipertensi
Belimbing wuluh sudah digunakan oleh masyarakat tradisional untuk membantu dalam masalah tekanan darah tinggi. Caranya, cukup rebus 3 buah belimbing dengan 2 gelas air hingga menjadi 1/2 gelas. Lalu minum secara rutin satu hari 1 kali hingga tekanan darah berkurang.

7. Mengatasi sariawan
Memang cukup ekstrim jika menggunakan belimbing wuluh untuk mengatasi sariawan karena rasanya cukup perih jika dioles pada sariawan. Namun banyak yang percaya bahwa buah ini efektif untuk menghilangkan sariawan secara cepat.

Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru

Belimbing sayur biasanya dihargai Rp. 14.000,- per kg nya. Buah ini cukup murah harganya karena tanaman ini mudah tumbuh di iklim tropis atau cuacanya yang cukup panas.

Itulah sekilas informasi mengenai buah belimbing sayur atau belimbing wuluh yang dapat kami rangkum. Cek juga harga lainnya disini. Terimakasih 🙂

Harga Buah Belimbing Sayur Terbaru | alfian | 4.5