Harga Buah Atap atau Kolang Kaling Terbaru

Sunday, May 7th, 2017 - Harga Buah Terbaru
Harga Buah Atap atau Kolang Kaling Terbaru

Harga Buah Atap atau Kolang Kaling

Harga Buah Atap atau Kolang Kaling Terbaru. Buah atap atau buah kolang kaling mudah sekali di jumpai di pasaran, terutama di pasar tradisional banyak sekali penjual yang menjual buah atap atau kolang kaling. Kolang kaling dibuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk mendapatkan biji kolang kaling ini biasanya para mengusaha membakar buah aren terlebih dahulu sampai hangus.

Kolang kaling merupakan jenis buah yang kadar airnya sangat tinggi, hingga mencapai 93% dalam setiap 100 gram-nya. Selain memiliki rasa yang menyegarkan, mengkonsumsi buah atap ini bisa membantu memperlancar kerja saluran cerna tubuh manusia. Kolang kaling merupakan camilan kenyal yang berbentuk lonjong dan warnanya putih transparan dan rasanya sangat menyegarkan.  Buah atap atau kolang kaling ini juga merupakan salah satu buah khas dalam bulan ramadhan yang biasanya dibuat sebagai campuran kolak dan es buah.

Harga Buah Atap atau Kolang Kaling Terbaru

Es Buah Kolang Kaling

Sebelum memperoleh kolang kaling kita harus mengolah buah aren terlebih dahulu.  Berikut ini adalah tahapan pembuatan kolang kaling :

1.Pemilihan buah yang berkualitas
Biji kolang kaling tidak boleh terlalu tua atau terlalu muda, itulah sebabnya pemilihan buah yang berkualitas memperngaruhi dalam menentukan kualitas produksi.

2.Perebusan buah
Perebusan buah atap berguna untuk menghilangkan getah yang ada pada buah, getahnya terenal sangat gatal dan korosif.

3.Pengupasan buah
Setelah direbus buah harus di kupas kulitnya untuk mengambil biji. Pengambilan biji bisa menggunakan pisau yang kecil.

4.Menggepeng dan masa fermentasi
Tahap ini merupakan tahap yang terakhir, biji kolang kaling akan dipipihkan terlebih dahulu menggunakan alat tertentu. Lalu direndam menggunakan kapur sirih dan air bersih untuk memulai tahap fermentasi.

Buah atap atau kolang kaling ini juga mempunyai banyak manfaat loh sobat hargabuah.com. Salah satunya adalah menyehatkan tulang dan mencegah tulang keropos (osteoporosis). Nah berikut ini adalah manfaat dari mengkonsumsi buah atap atau kolang kaling :

1. Kolang Kaling Melancarkan Pencernaan
kolang-kaling bisa dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. Hal ini disebabkan karena buah ini kaya akan serat sehingga sangat baik untuk sistem pencernaan tubuh.

2. Kolang Kaling Mengandung Karbohidrat
buah atap atau kolang kaling ternyata mengandung karbohidrat yang baik untuk mereka yang sedang diet atau menghindari makanan yang tinggi kadar lemak. Karbohidrat dalam kolang-kaling cepat diserap dalam tubuh sehingga membuat perut terasa kenyang dan mampu memberikan energi.

3. Obat Radang Sendi
Kolang-kaling mengandung karbohidrat yang disebut dengan galaktomannan. Zat ini sering dipakai untuk bahan dasar obat nyeri radang sendi. Menurut penelitian bahan dasar itu dapat mengurangi rasa nyeri yang sering terasa akibat nyeri radang sendi. Cobalah untuk mengonsumsi sekitar 100-200 gram kolang kaling yang tidak dicampur dengan gula dan pewarna makanan, dan mengkonsumsinya secara rutin.

4. Pertumbuhan Tulang dan Mencegah Osteoporosis
Tingginya kadar kalsium yang ada pada kolang kaling juga berpengaruh untuk tubuh. Kalsium sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit tulang yang rentan diderita oleh para wanita dibanding para pria.

5. Mengobati Gatal-Gatal
Sebelum dijadikan kolang-kaling, buah aren mengandung getah, jika terkena kulit akan terasa gatal. Tapi jika dibuat menjadi asupan, buah ini bisa mengobati gatal-gatal. Penemuan ini memang harus diteliti terlebih dahulu, namun beberapa orang telah merasakan efeknya ketika mengkonsumsi buah atap atau kolang kaling gatal gatal pada tubuh mulai berkurang.

6. Kolang Kaling Sumber Vitamin Sehat
Kolang-kaling banayak mengandung vitamin seperti vitamin A, B dan C. Vitamin A terbukti ampuh untuk memperkuat penglihatan. Kemudian vitamin B baik untuk kulit dan sel-sel lainnya. Vitamin C adalah vitamin yang dapat mencegah sariawan, influenza dan sebagainya.

Kolang kaling juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, antara lain:

  1. Mineral
  2. Serat
  3. Karbohidrat
  4. Protein
  5. Kalsium
  6. Fosfor
  7. Zat besi

Apakah sobat hargabuah.com sudah tahu mengenai cara membuat kolang kaling sebagai ? Nah bagi sobat hargabuah.com yang belum tahu, kita akan membahas cara membuat kolang kaling yang enak. Berikut ini adalah cara membuatnya :

Pertama siapkan peralatannya dan bahan-bahannya adalah

  1. Kolang kaling
  2. Air
  3. Gula pasir
  4. Pewarna makanan
  5. Pewangi essence atau pandan (alami)

Kedua lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. rendam kolang kaling kira-kira sekitar 24 jam di dalam air bersih, lalu cuci
  2. siapkan pewarna makanan, sesuai warna yang diinginkan. Campur kolang-kaling dengan bahan pewarna makanan dan aduk dengan rata. Diamkan sebentar agar tercampur dengan merata.
  3. bila telah dicampur dengan pewarna kolang-kaling bisa cuci kembali sampai bersih, dan lakukan berulang-ulang.
  4. siapkan campuran bahan seperti gula kira-kira 50 persen yang terdiri dari 600 gram dilarutkan dalam 1 liter cairan atau air. Panaskan air gula sampai mendidih. Lalu dinginkan.
  5. kemudian rendam kolang kaling dalam cairan gula tersebut kira-kira dalam beberapa hari.
  6. air rendaman bisa dipanaskan setiap hari, tapi pisahkan dengan kolang kalingnya. Setelah dipanaskan, air gulanya didinginkan lagi. Setelah itu direndam lagi dengan kolang kaling.

Harga Buah Atap atau Kolangkaling

Di pasar tradisional biasanya buah atap atau kolang kaling ini dipasok seharga Rp.15.000,- hingga Rp. 16.000,– per kg nya. Namun buah ini sedikit sulit dijumpai saat bulan ramadhan belum tiba.

Itulah harga buah atap atau kolang kaling yang kami ketahui. Cek juga harga buah lainnya disini. Terimakasih 🙂

Harga Buah Atap atau Kolang Kaling Terbaru | alfian | 4.5