Harga Buah Ara atau Buah Tin Terbaru

Monday, May 1st, 2017 - Harga Buah Terbaru
Harga Buah Ara atau Buah Tin Terbaru

Harga Buah Ara Terbaru

Harga Buah Ara atau Buah Tin Terbaru. Sobat hargabuah.com setelah membahas tentang buah aprikot, selanjutnya kita akan membahas seputar tentang buah ara dan harga buah ara terbaru di pasaran. Apasih buah ara itu? apakah sobat hargabuah.com sudah tau, bahwa buah ara adalah nama lain dari buah tin. Buah ini berasal
dari daerah kepulauan di Asia Tenggara seperti di Pakistan, India, Sri Lanka, Bangladesh, Nepal, Tiongkok Selatan, dan Barat Daya (Yunnan),Burma, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia hingga Australia.

Buah ini banyak ditemui dibeberapa daerah hutan hujan tropis dan daerah yang lembab seperti di tepian sungai, anak sungai dan rawa-rawa pada ketinggian tempat antara 100-1.700 m di atas permukaan laut. Selain tumbuh di pinggiran sungai pohon ini juga bisa tumbuh di celah-celah batu, bahkan di dinding tembok pun buah ini masih dapat tumbuh. Pohon ini juga bisa tumbuh di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Pohon ara
biasanya memiliki bentuk yang besar dan tinggi mencapai ± 17 meter. Pohon ini sangat gagah dan kokoh bila dilihat dari kejauhan.

Ukuran batang pohon ara cukup besar hingga memiliki diameter batang lebih dari 50 cm. Buah ara sebesar bola bekel ini bisanya tumbuh di bagian batang utama dan cabang. Buah ara memiliki warna yang kuning dan ada pula yang kemerahan. Tajuk dari pohon ara cukup rindang sehingga bisa dijadikan tempat untuk berteduh. Biasanya dari beberapa cabang batang muncul akar yang menjulur ke bawah menyentuh permukaan tanah. Pohon
ara juga memiliki getah yang berwarna putih seperti susu diseluruh bagian batangnya.

Daun pohon ara memiliki ukuran 8-15 cm menyerupai bulat telur sampai lonjong, meruncing ke bagian ujung daun dan sedikit berbulu. Pohon ara memilki banyak keunikan, baik dari sisi penampilan batang, cabang dan ranting. Ketika sudah masak buah tin segar rasanya masam dan manis biasanya cocok untuk dibuat rujak. Buah ara atau buah tin ini bisa dimakan segar, dikeringkan, atau dibuat sebagai bahan baku selai. Buah yang sudah dipetik harus segera diolah karena buah ini tidak dapat tahan lama. Di daerah Bengali biasanya buah ara diolah sebagai sayuran.

Di Indonesia kita tidak perlu bersusah payah untuk mendapat buah tin, buah ini banyak dijumpai di pasaran serta banyak agen yang menjual bibit buah tin untuk dibudidayakan sendiri. Pohon ini bisa tumbuh subur tanpa perawatan khusus, produksi buah akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia pohon. Tanaman ini cukup ditanam dalam pot yang sudah diberi pupuk dan disiram air secara rutin, namun jika menginginkan hasil yang lebih maksimal bisa diasupi dengan pupuk tambahan seperti KNO3 setiap satu bulan sekali.

Selain cara menanam yang cukup mudah, buah ara dapat dipanen saat usia enam bulan ini adalah salah satu kelebihan dari pohon ara. Bahkan ada juga jenis pohon ara yang bisa berbuah lebih cepat yaitu hanya dengan dua bulan. Keunggulan lain dari tanaman ini adalah mampu memproduksi buah sepanjang tahun dan tidak tergantung dengan musim tertentu. Usia pohon yang sudah mencapai satu tahun biasanya produksi buahnya mecapai dua kilogram.

Buah ara pun memiliki banyak kandungan serta manfaat yang sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah berbagai kandungan yang dimiliki oleh buah tin :

Nutrisi Buah Tin Segar (100 gr) Nutrisi Buah Tin Kering (100 gr)   
Calories (kcal)74Calories (kcal)249
Fibre3Fibre10
Fat0Fat1
Protein1Protein3
Sugar16Sugar48
Vitamin A142Vitamin A10
Vitamin C2Vitamin C1.2
Vit B10.1Vit B10.1
Vit B20.1Vit B20.1
Vit B60.1Vit B60.1
Sodium1Sodium10
Potassium232Potassium680
Calcium35Calcium162
Phosphorus232Phosphorus67
Magnesium17Magnesium68
Iron0.4Iron3.07
Manganese0.1Manganese0.8
Copper0.1Copper0.3
Selenium0.2Selenium0.6
Zinc0.2Zinc0.5
Kandungan Nutrisi tiap 100 gram

Selanjutnya berikut ini adalah manfaat dari buah ara atau buah tin :

1. Mengatasi penyakit darah tinggi
Buah ara mempunyai kandungan omega-6, kalium, fenol, omega-3 serta magnesium yang bisa membantu tubuh mengurangi tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi kencing manis
Penyakit kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak ditemukan. Kandungan serat di dalam buah ara mampu memperlambat penyerapan glukosa pada usus kecil. Kandungan serat serta karbohidrat mampu mengontrol kadar gula dari dalam darah. Jadi, meski rasa buah ara cukup manis, namun buah ini aman bagi para penderita diabetes atau kencing manis.

3. Mencegah osteoporosis
Kelainan pada tulang disebabkan karena kekurangan zat kalsium pada tubuh. Buah ara mengandung banyak kalsium yang membantu anda dalam mengurangi resiko pengeroposan tulang atau osteoporosis. Rutin mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium juga membantu anda dalam meningkatkan kesehatan serta kekuatan tulang pada tubuh. Penelitian menyebutkan jika kandungan kalsium dari buah ara lebih banyak dibandingkan dengan kalsium yang diperoleh susu.

4. Meningkatkan berat badan
Bagi anda yang memiliki berat badan yang kurang ideal, maka buah tin yang dicampur dengan susu merupakan salah satu solusi sehat bagi anda. Gabungan antara susu dan buah tin mampu meningkatkan berat badan tubuh supaya lebih seimbang. Memiliki tubuh yang ideal tentu menjadi keinginan bagi banyak orang terutama bagi seorang wanita.

5. Mencegah datangnya kanker kolon
Mengkonsumsi buah tin secara rutin dapat mengurangi terjadinya resiko kanker kolon dan kanker payudara. Buah tin mengandung polyphenols yang cukup tinggi. Zat ini merupakan antoksidan yang penting bagi tubuh anda. Antioksidan dapat membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas penyebab penyakit. Radikal bebas merupakan penyebab penyakit mematikan seperti halnya kanker dan jenis penyakit berbahaya yang lain. Buah ara memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa berguna mengikat zat pemicu kanker.

6. Melancarkan BAB
Buah ara mengandung laksatif yang dapat membantu melancarkan BAB. Buah ini sudah dikenal sejak dahulu sebagai obat pencahar serta obat bagi penderita sembelit kronis.

Harga Buah Ara

Menurut hasil survey terbaru tahun 2017 Harga Buah Tin segar terbaru di pasar tradisional dibandrol seharga Rp. 250.000 per kg, sedangkan untuk Harga Buah Tin Kering dibandrol dengan harga Rp. 400.000 per kg.

Itulah harga buah tin terbaru di pasar tradisional ang dapat kami rangkum. Cek juga harga buah lainnya disini. Terimakasih 🙂

 

 

Harga Buah Ara atau Buah Tin Terbaru | alfian | 4.5