Harga Buah Alpukat Terbaru Per Kg Di Pasaran

Wednesday, April 26th, 2017 - Harga Buah Terbaru
Harga Buah Alpukat Per Kg 2017

Harga Buah Alpukat Terbaru

Harga Buah Alpukat Per Kg Di Pasaran. Buah alpukat merupakan buah yang tidak asing lagi di mulut masyarakat indonesia, buah ini kerap kali dijadikan sebagai jus.
Alpukat memiliki bentuk seperti bulat telur dan biasanya berwarna hijau atau hijau kekuningan, atau ungu.

Tanaman Alpukat memiliki berbagai manfaat mulai dari batang hingga buah. Batang pohon dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohon alpukat dapat digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Serta daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur, dan yang terakhir bijinya dapat
digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Manfaat yang bisa dihasilkan dari buah alpukat ini sangat banyak sekali, seperti memelihara kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, mengatur kadar gula darah, mencegah kanker, serta menurunkan kadar kolesterol, dan masih banyak lagi. Buah alpukat ini juga memiliki berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu buah ini juga mengandung lemak sehat oleat (omega-9), zat besiserat, asam solfat, tembaga, serta kalium. Buah ini juga mengandung minyak dan minyaknya dapat digunakan untuk keperluan kosmetik.

Berikut ini adalah jenis-jenis alpukat yang sudah terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Penyebaran itu termasuk keturunannya, baik keturunan dari hasil persarian sendiri maupun persarian silang alamiah antar tiga kelompok.

1. Alpukat Ijo Bundar

Alpukat jenis ini berasal dari kebun Koleksi Tlekung, Batu, Malang. Varietas ini berbuah terus menerus, tergantung lokasi dan kesuburan tanah. Selain itu gugur buah sedikit. Berat buah mencapai 300-400 g/buah, diameternya 7,5 cm dengan panjang buah 9 cm. Ciri dari alpukat jenis ini adalah permukaan kulit buah licin, berbintik kuning dengan tebal 1 mm. Bentuk buah lonjong, berujung bulat dan pangkal buah tumpul. Buah muda kulitnya hijau muda yang berangsur tua saat matang. Daging buah tebal, berwarna kuning hijau, citarasanya enak, gurih, dan kering. Bentuk biji jorong dengan ukuran 4 cm x 5,5 cm.

2. Alpukat Ijo Panjang

Varietas ini bentuk buahnya menyerupai buah pir. Ujung buah tumpul sedangkan pangkal buahnya runcing. Buah berbobot antara 300-500 g/buah. Kulit buah berwarna hijau, permukaannya licin berbintik kuning dan tebalnya 1,5 mm. Saat muda kulit buahnya hijau muda dan setelah matang menjadi hijau tua merah. Diameter buah berkisar antara 6,5-10 cm dan panjang 11,5-18 cm. Dagingnya tebal berwarna kuning, rasanya enak, gurih,
serta agak lunak. Bijinya berbentuk jorong dan berukuran 4 cm x 5,5 cm.

3. Alpukat Merah Bundar

Varietas ini berbuah terus menerus, tergantung pada lokasi dan kesuburan tanah. Selain itu gugur buah sedikit. Berat buah bisa mencapai 0,3-0,4 kg/butir, diameter buah 7,5 cm, dan panjang buah 9 cm. Permukaan kulit buah licin, berbintik kuning dengan tebal 1 mm. Bentuk buah lanjong atau oblong, berujung bulat dan pangkal buah tumpul. Buah yang masih muda kulitnya merah coklat. Daging buah tebal, berwarna kuning hijau, citarasa enak, gurih, dan agak kering. Bentuk biji jorong dengan ukuran 4 cm x 5,5 cm.

4. Alpukat Merah Panjang

Varietas ini bentuk buahnya menyerupai buah pir seperti alpukat ijo panjang. Ujung buah tumpul sedangkan pangkal buahnya runcing. Bobot buah antara 300-500 g/buah dengan kulit hijau, permukaannya licin berbintik kuning dan tebalnya 1,5 mm. Saat masih muda, kulit buahnya hijau merah coklat dan setelah matang menjadi merah hitam. Diameter buah 6,5-10 cm dan panjang 11,5-18 cm, dengan daging buah tebal, berwarna kuning, rasa enak, gurih, serta agak lunak. Biji berukuran 4 cm x 5,5 cm.

Alpukat lebih banyak ditemui di negara-negara yang memiliki iklim tropis seperti benua Amerika, dan alpukat sendiri masuk di Indonesia pada abad ke-19. Secara resmi sekitar tahun 1920-1930 Indonesia sudah mengintroduksi 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat untuk memperoleh varietas-varietas unggul. Indonesia juga merupakan supplier buah alpukat yang kaya akan manfaat ini.

Saat ini masyarakat Indonesia sangat menggemari alpukat mentega. Karena alpukat mentega merupakan salah satu kultivar alpukat unggulan yang banyak dimanfaatkan sebagai buah meja atau bisa juga untuk campuran es buah. Alpukat jenis ini banyak digemari masyarakat karena daging buahnya yang tebal, tidak berserat dan berwarna kuning mentega serta memiliki aroma yang khas. Tidak hanya sebagai buah di Amerika tengah, daging buah alpukat juga dimanfaatkan sebagai bahan sambal khas Guacamole atau sebagai campuran dalam salad.

Harga Buah Alpukat Per Kg 2017

Buah Alpukat Mentega

Alpukat mentega sangat cocok dijadikan sebagai tanaman perkebunan dan juga dapat ditanam di pekarangan rumah. Karena alpukat jenis ini merupakan alpukat yang dapat dipanen setelah 3-4 tahun masa tanam, lebih cepat dibandingkan dengan jenis alpukat biasa yang baru bisa dipanen setelah 7 taun atau lebih masa tanam. Saat budidaya alpukat mentega diperlukan berbagai pertimbangan seperti mengenai tempat pertumbuhan tanaman ini sangat cocok bila ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian maksimal 1.500 meter di atas permukaan laut.

Harga buah alpukat berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 12.000,-per kg di pasaran. Saat kondisi tertentu seperti hari besar harga buah alpukat dapat melambung naik dan bisa mencapai Rp. 22.000. Nah, ini adalah daftar harga buah alpukat dari berbagai kota di Indonesia yang bisa digunakan sebagai acuan, dan Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Kota Pejualan Buah AlpukatHarga Per-Kg
JambiRp. 10.000
PontianakRp. 12.000
BalikpapanRp. 13.000
SerangRp. 10.000
BanjarmasinRp. 13.000
SamarindaRp. 17.000
TasikmalayaRp. 12.000
DenpasarRp. 15.000
PadangRp. 10.000
MalangRp. 10.000
Pekan BaruRp. 12.000
Bandar LampungRp. 13.000
BatamRp. 15.000
MakassarRp. 11.000
JakartaRp. 15.000
MedanRp. 8.000
SurabayaRp. 12.000
BandungRp. 10.000
SemarangRp. 9.000
PalembangRp. 10.000

Itulah tadi daftar harga buah alpukat di beberapa daerah, jangan lupa cek harga lainnya disini. Terima Kasih 🙂

 

Harga Buah Alpukat Terbaru Per Kg Di Pasaran | alfian | 4.5